Peringati Hari lahir PMII ke-60, PMII Komisariat Sultan Agung Semarang Gelar Doa Bersama, Khataman Al-Qur'an, dan Lomba


PMII KOMISARIAT SULTAN AGUNG SEMARANG

Sejak didirikan pada tanggal 17 April 1960/21 Syawwal 1379 Hijriyah, organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) tumbuh subur secara berkala dari segi kuantitas dan kualitasnya. Lihat saja pada momen MAPABA yang dilaksanakan oleh Komisariat atau Rayon, jumlah mahasiswa yang join semakin banyak dan beragam. Hitungan banyak ini bervariasi, ada yang 25, 50, 100, 150, 200, dan seterusnya, tergantung kampusnya. Jika setiap tahun menambah anggota, maka kita bisa mencoba untuk membayangkan dan menyebut angka, berapa jumlah total kader PMII? Minimal di tingkat Rayon dan komisariat masing-masing.

Mereka dikader oleh senior-seniornya yang sudah mengikuti jenjang kaderisasi Formal seperti PKD, PKL, dan atau PKN. Dari kaderisasi inilah banyak para sahabat yang di kemudian hari mengikuti kaderisasi formal tersebut (PKD, PKL, PKN), dan berhasil membuktikan kualitas dirinya kepada khalayak, seperti pandai dalam bidang penelitian, penulisan, public sepaking, politik, berbisnis, berbudaya, hukum, teknik, dan macam-macam.


Hari ini adalah hari tanggal 17 Apri 2020, itu artinya PMII sudah berumur 60 tahun. Sudah saatnya setiap anggota dan kader untuk memperingati Hari Lahir PMII secara berjamaah. Namun pelaksanaannya tidak bisa seperti tahun-tahun sebelumnya, karena Indonesia sedang terserang Covid-19 yang memakan banyak korban. Masyarakat dilarang membuat kerumunan untuk mencegah penularan lebih luas, alhasil peringatan Hari Lahir PMII dilakukan via online.


Salah satu komisariat yang memiliki anggota dan kader yang berlimpah adalah PMII Komisariat Sultan Agung Semarang. Antusias perayaan Hari Lahir PMII mereka ditunjukkan dengan membuat rangkaian lomba dan kegiatan yang bervariasi. Berikut beberapa lomba dan kegiatannya:


PMII KOMISARIAT SULTAN AGUNG SEMARANG

Lomba Esai Pergerakan

Lomba Esai Pergerakan ini merupakan salah satu rangkaian acara untuk memperingati Harlah PMII Ke-60. Tema yang diusung kali ini adalah “Memaknai Kembali PMII dalam 60 Tahun Perjalanannya Bagi Nusa, Bangsa dan Agama” Oleh karena itu, panitia mengundang kepada seluruh anggota dan kader pergerakan Komisariat Sultan Agung untuk menuangkan pemikiran kritis dan gagasannya melalui Pergerakan Essay Competition 2020.


Pendaftaran & Pengumpulan : 14 April – 19 April 2020.
Pengumuman Pemenang :20 April 2020.
Hadiah : Juara 1 : Rp.100.000,- + Sertifikat Juara | Juara 2 : Rp.50.000,- + Sertifikat Juara.

Setiap peserta yang mengikuti lomba penulisan esai ini mendapatkan E-Sertifikat.

Setiap peserta yang ingin mengikuti lomba ini harus mengisi formulir melalui link ini https://bit.ly/formessaypergerakan020. Kemudian panduan lomba ini bisa didownload panduan di https://bit.ly/panduanlombaessaypergerakan2020.


CP : 0895388823571 (Sahabati Afi).
 

Lomba Menulis Cerpen
 
Lomba menulis cerpen ini difasilitasi oleh Rayon Wahab Chasbullah Komisariat Sultan Agung. Panitia lomba mengangkat Tema "Gerak PMII di tengah Pandemi" untuk membuat nafas cerpen lebih trendi, simpati, dan waspada. Ini merupakan ajang yang berharga bagi para anggota dan kader yang suka membaca dan menulis cerpen. Jangan takut salah dan jelek, karena ini merupakan proses yang harus dilalui oleh para penulis. Jadi tulislah dan kirimkan.


Ketentuan peserta:


1.    Peserta berstatus anggota PMII Unissula.
2.    Berusia 18-23 tahun.
3.    Peserta mengikuti Instagram @pmii_rayon.wahabchasbullah.


Syarat lomba menulis cerpen:


1.    Cerpen bukan plagiat, atau terjemahan.
2.    Melampirkan keaslian karya dan belum pernah dipublikasikan di media cetak online, blog, atau media sosial.
3.    Karya cerpen harus sesuai dengan tema.
4.    Cerpen dalam format MS world (spasi 1,5 ,huruf Times New Roman, ukuran 12) dikirim melalui email: taufik225@std.unissula.ac.id, disertai judul cerpen - nama peserta - usia - asal rayon.
5.    Keputusan panitia tidak bisa diganggu gugat.


Waktu:


1.    Pendaftaran dan Pengiriman 14 April - 19 April 2020.
2.    Pengumuman Hasil 20/21 April 2020 .
CP: Sahabat Putra (0815-4297-1525).


Lomba Design Pamflet


Ketentuan mengikuti lomba:


1.    Pamflet berisikan quotes, dan ucapan harlah PMII Sultan Agung.
2.    Pamflet dipost via social media Instagram, dengan menandai Rayon Alwi Shihab (IG : Pmii_Baik) postingan berisikan, Nama Lengkap, NIM, prodi, Semester, Tagar #LombaDesignHarlahPmii  contoh ( Budi, 1617***, Ilmu Komunikasi, semester 4, #LombaDesignHarlahPmii.
3.    Peserta hanya boleh membuat 1 design pamflet, jika terbukti membuat lebih dari 1 maka poster akan didiskualifikasi.


Peserta yang tidak memenuhi persyaratan otomatis akan tereliminasi. Batas pengiriman tanggal 19 - April - 2020 pukul 21:00.


Lomba Menulis Puisi


Lomba ini difasilitasi oleh Rayon Sahal Mahfudh Komisariat Sultan Agung Semarang untuk Memperingati HARLAH PMII yang ke-60. Tema yang diusung dalam lomba menulis puisi ini “Enam Puluh Tahun PMII-ku”.


Syarat Peserta:


1.    Anggota PMII Sultan Agung Semarang
2.    Follow Akun IG : @pmii_sahalmahfudh @literasi_sahabat @pmii_sultanagung


Ketentuan pengiriman naskah:


1.    Maksimal mengirimkan satu puisi.
2.    Naskah puisi belum pernah dipublikasikan.
3.    Naskah puisi menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
4.    Puisi merupakan karya Original bukan Plagiat.
5.    Sertakan dihalaman pertama (Nama,Alamat,Fakultas dan Rayon).
6.    File disave as dengan nama : PMII_NAMA_RAYON_IG.
7.    Naskah file dikirim ke alamat Email : pmiirayonsahalmahfudh@gmail.com.


Waktu: 


1.    Pendaftaran dan Pengiriman Karya 15-19 April 2020
2.    Pengumuman Hasil 20-21 April 2020
3.    CP: Sahabat Khafidh (081353153997) | Sahabati Alfi (081575488747).


Lomba Video Harlah
 

Rayon Saifuddin Zuhri memfasilitasi Lomba Video Kreatif dengan tema "HARLAH PMII". Kreativitas tanpa karya apalah gunanya, tidak akan ada yang bisa melihat atau mengakui kita sebagai orang yang kreatif. Oleh karena itu, bagi siapapun yang merasa kreatif coba ikuti lomba ini.

Syarat mengikuti lomba:
1.    Pendaftaran dan Pengiraman : 15 - 22 April 2020
2.    Peserta lomba adalah Anggota PMII komisariat Sultan Agung
3.    Menggunakan durasi video 2 (dua) menit
4.    Tidak boleh menggunakan video tiktok
Informasi lebih lanjut silahkan hubungi Sahabat Maarif (0838 3889 4746 )
 

Khataman Al-Quran dan Doa Bersama
 

Acara ini diselenggarakan untuk memperingati Harlah PMII ke 60 tahun dan untuk berikhtiar dalam pencegahan Virus Corona. Acara ini diharapkan diikuti oleh Seluruh Anggota dan Kader PMII Sultan Agung di manapun berada. Acara Khataman Al-Qur'an Akbar dan Do'a Bersama dilaksanakan pada jari Jum'at tanggal 17 April 2020 pukul 17.00 WIB secara live di IG pmii_sultanagung dan Zoom Metting ID : 894-835-3099 (password: 0ykmlG).

Seminar dan Istighosah

 
Selain menyelenggarakan lomba, kegiatan seminar juga dilaksanakan dengan mengangkat tema : "Meruwat dan Merawat Nilai-Nilai Pergerakan dalam menapaki 60 tahun khidmahnya bagi Agama, Bangsa, dan Negara". Dalam seminar ini, dihadirkan dua senior yang sangat terkenal, yaitu: Sahabat Reza Alfa S.E., (IKA PMII Sultan Agung) dan Sahabat Dr. Agus Irfan S.HI., M.PI., (MABINKOM PMII Sultan Agung), kemudian ada ketua komisariat yang turut menemani menjadi  narasumber, yaitu Sahabat Mh. Muammar Sabiqi.


Acara ini dipandu ole host yang fenomenal, yaitu Sahabat Ahmad Finaa Ulul Abshor (Wakil Ketua 3 Komisariat PMII Sultan Agung). Acara ini dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 17 April 2020 pukul 18.30 WIB – selesai. Dilaksanakan secara LIVE di IG PMII_SULTANAGUNG dan Zoom Meeting ID : 894-835-3099 (Password :0ykmlG).


Seminar Online: Edukasi COVID-19


Rayon dr. Fahmi Komisariat Sultan Agung Semarang memfasilitasi seminar online ini untuk mengedukasi para Generasi Millenial  tentang Covid-19.  Tema yang diangkat dalam seminar ini adalah "Health Mental and Prevention Covid-19". Pemateri dalam seminar ini adalah dr. Nura Ma'shumah (Demis PMII Komisariat Sultan Agung 1993/1997) dadan Nur Azizah Jamal, S. Psi (Mabinra Rayon dr. Fahmi 2019/2020), serta dimoderatori oleh Sahabat M. Saiqul Ulum.


Seminar online ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 18 April 2020 pukul 09.00 WIB sampai selesai melalui Whatsapp Group dan Zoom Meeting. Bagi peserta yang mengikuti seminar ini mendapatkan: E-Sertifikat, ilmu yang bermanfaat, notulensi seminar, menambah relasi. Pendaftaran bisa WA di CP Sahabat Arif 085520758306/Sahabati Hanna 085875368309 dan wajib Follow Instagram @pmii_dr.fahmi dan @pmiisultanagung. 


Kegiatan Lainnya:
 

Selain lomba dan kegiatan-kegiatan yang telah disebutkan di atas, ternyata masih ada lagi kegiatan lainnya, yaitu Pembacaan Shalawat Thibbil Qulub dan Do'a Bersama yang dilaksanakan tanggal 19 Aprl 2020. Kemudian ada juga Lomba Mobile Legend yang dilaksanakan pada tanggal 19 April 2020.
 

Rayon-rayon di PMII Komisariat Sultan Agung Semarang
 

Organisasi yang berbasis di kampus Universitas Sultan Agung Semarang ini pada awalnya belum berinovasi mendirikan rayon di setiap fakultas. Hal itu disebabkan oleh masih minimnya anggota dan kader serta situasi politik yang kurang mendukung perkembangan PMII. Meskipun begitu, ketika memasuki periode kepengurusan 2011-2012, ada satu rayon yang didirikan, yaitu Rayon Bahasa. Kegiatan diskusi rayon ini sudah berjalan beberapa kali, hingga menimbulkan optimisme rayon ini bakal berkembang. Namun pada proses selanjutnya, rayon tersebut tidak bisa terselamatkan lagi.

Semangat baru tumbuh, sejak kepengurusan periode 2013-2014, benih-benih untuk pendirian rayon mulai dilakukan. Kemudian puncaknya terjadi pada kepengurusan periode 2014-2015 yang sekaligus mendirikan tiga rayon, hingga kini PMII Komisariat Sultan Agung Semarang telah mendirikan tujuh rayon, di antaranya adalah: Rayon Saifuddin Zuhri (Fakultas Agama Islam ‘Tarbiyah'), Rayon Sahal Mahfuz (Fakultas  Agama Islam 'syariah'), Rayon Wahab Chasbullah (Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Teknologi Industri & FKIP), Rayon Dr. Fahmi (Fakultas Kedokteran Gigi, Kedokteran Umum, Psikologi, Keperawatan, Kebidanan, Farmasi), Rayon Alwi Syihab (Fakultas Komunikasi dan Bahasa) Rayon Tholchah Manshoer (Fakultas  Hukum).

Post a comment

0 Comments