Manfaat Kunyit (Curcuma Longa Linn) untuk Kesehatan

parkiranelite-kunyit.jpg

Kunyit atau Curcuma Longa Linn merupakan tanaman yang tidak asing lagi bagi kita, karena kunyit seringkali digunakan dalam berbagai bumbu masakan dan berbagai keperluan. Kunyit juga biasa digunakan untuk pewarna alami. Kunyit termasuk salah satu tanaman rempah dan obat, habitat asli tanaman ini meliputi wilayah Asia khususnya Asia Tenggara.

Di daerah lnggris kunyit dikenal dengan nama saffron, orang Belanda menyebutnya dengan nama kurkuma, di daerah jawa dikenal dengan nama kunir, koneng di Sunda, dan konyet di daerah Madura. Tanaman ini kemudian mengalami persebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengkonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan
Penyakit yang dapat dibantu diobati oleh kunyit ini di antaranya adalah gula darah (diabetes melitus), tifus, usus buntu, disentri, sakit keputihan, haid tidak Iancar, perut mulas saat haid, memperlancar ASI, amandel, berak lendir, morbili. 

Rahasia Tanaman Kunyit

Kunyit memiliki beberapa senyawa yang berkhasiat untuk pengobatan yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmet, oksikumin dan bisdesmetoksikurkumin. Zat-zat manfaat lainnya adalah demetoksikurkumin.bisdemetokgikurkumin, minyak asiri / volatil oil (Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon, zingiberen, felandren. sabinen, borneol dan sineil), lemak, karbohidrat, protein, pati, vitamin C, serta garam-garam mineral (Zat besi, fosiwdan kalsium).

Contoh Penggunaan Kunyit di Indonesia

Bagaimana pemakaian tanaman obat ini? Apabila ada yang terserang penyakit usus buntu maka kita bisa mengambil 1 rimpang kunyit dengan 1 butir jeruk nipis dan 1 lembar daun sambiloto. Semua bahan tersebut ditumbuk halus dan dipipis, kemudian ditambah 1 gelas air masak yang masih hangat dan disaring. Air hasil saringan tersebut diminum selama seminggu berturut-turut

Post a comment

0 Comments