Halalbihalal Serentak

parkiranelite-halalbihalal

Libur Idul Fitri telah usai, orang-orang berbondong-bondong untuk masuk kantor kembali. Para pejuang itu sudah mulai beraktivitas lagi seperti biasanya pada hari ini 10 Juni 2019, mereka masuk pagi, ngisi absen, mendengar dan memberi pengarahan, melaksanakan tugas, kemudian pulang ke tempat tinggal.

Jadwal masuk kerja di tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun 2019 ini lebih singkat, kalau kata orang "capek belum hilang sudah harus kerja lagi". Berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana H+ 6 sebagian orang masih berada di kampung halaman dan masih bisa keliling silaturahmi di tempat saudara-saudara.

Apa yang dirasakan orang-orang dengan liburan singkat ini? Ada yang merasakan kaget, geregetan, emosional, dan pada ujungnya harus menerima keputusan itu. Ya, apapun reaksi yang ditunjukkan secara offline maupun online, tidak ada pengaruhnya. Mereka harus menerimanya dengan lapang dada dan penuh semangat.

10 Juni 2019: Halalbihalal Serentak

Ada sisi baik yang patut kita tangkap bersama mengenai 10 Juni 2019, yaitu halalbihalal serentak. Halalbihalal merupakan kebiasaan khas Indonesia yang dilaksanakan untuk saling bermaafan antar sesama di sebuah tempat oleh sekelompok orang. Halalbihalal juga bisa diartikan kesalahan yang selama ini dilakukan oleh individu maupun kelompok yang dapat dihalalkan kembali. Jadi semua kesalahan yang diperbuat bisa melebur, kosong, dimaafkan seperti awal.

Halalbihalal bertujuan untuk saling memaafkan, mempererat persaudaraan, kerukukan, dan kenyamanan. Tradisi ini mengakar di dalam kehidupan bangsa Indonesia, yang bisa disaksikan di berbagai macam institusi, baik dari keluarga, kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi, hingga kepresidenan. Oleh karena itu istilah tersebut sangat pas disematkan pada hari ini karena secara serentak orang-orang berkumpul di institusinya masing-masing untuk memenuhi tugasnya sekaligus silaturahmi. Orang-orang bisa berjumpa dengan teman-temannya lebih cepat dibandingkan tahun kemarin, mereka saling bermaafan, dan berbagai pengalaman.

Misalkan di pemerintah kota Surabaya yang menggelar halalbihalal di hari pertama kerja bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan seluruh pegawainya. Kemudian Gubernur Anies Baswedan juga menggelar acara halalbihalal di Balai Kota di hari yang sama. Selain itu, di berbagai tempat juga terlaksana halalbihalal, baik dengan atau tanpa label halalbihalal. Oleh karena itu bisa dikatakan sebagai acara halalbihalal secara serentak.

Post a comment

0 Comments