Wisuda Santri Pondok Pesantren Darul Hikmah Pakem Yogyakarta

parkiranelite-wisudadanakhirussanah

Pondok pesantren Darul Hikmah Pakem menyelenggarakan wisuda dan akhirussanah pada tanggal 29 Mei 2019. Pelaksanaan acara ini bertempat di Joglo Artomoro, Donokerto, Turi yang dimulai pada pukul 12.30-17.30 sekaligus buka bersama.

Acara ini dibuka dengan pentas seni dari para santri putri dan putra, yang dimulai pukul 12.30-14.17. Para santri putri ada yang bernyanyi bersama, ada yang menampilkan tarian aceh, dan tarian lainnya. Sedangkan santri putra juga ada yang bernyayi sambil memainkan gitar dan ada juga yang menari. Kebanyakan di antara mereka menyanyikan lagu perpisahan, yang mengundang rasa haru bagi penonton (29/5).

Usai pentas seni, acara dihentikan sebentar guna melaksanakan shalat ashar berjamaah. Disela-sela break acara, para calon wisudawan dan wisudawati dibriefing oleh para ustadz dan ustadzah agar lebih serius dan jangan sampai melakukan kesalahan dalam prosesi wisuda (29/5).

Setelah semua shalat Ashar berjamaah, semua hadirin berkumpul kembali di tempat acara. Wisudawan dan wisudawati juga sudah mulai menempati tempat duduk khusus. Pada pukul 15.30, barulah prosesi wisuda dimulai.

Prosesi wisuda dipandu oleh ibu Astuti Rahayu dan ibu Febri. Wisuda dibuka oleh ketua sidang Dr. KH. Fadhil Munawar MS. Kemudian pemandu acara memanggil satu persatu wisudawan dan wisudawati maju ke depan untuk dikalungi pemindahan ikat topi toga, dan menerima ijazah. Santri pertama yang dipanggil dari kelompok santri iqra', kemudian kelompok santri SDIT, kelompok santri SMP, dan terakhir kelompok santri SMAT.

Prosesi yang sakral ini mengundang haru semua hadirin, karena wisuda ini sebagai bukti dari keberasilan para santri. Adapun jumlah santri yang diwisuda ialah 49 santri, yang terdiri dari lima santri Iqra'. 

Kemudian purna santri terdiri dari 23 santri SDIT, 13 santri SMP, dan 8 SMAT.
Setelah selesai mewisuda para santri, ketua sidang Dr. KH. Fadhil Munawar MS menutup prosesi wisuda yang disambut haru dan bahagia oleh hadirin.

Pada acara wisuda dan akhirussanah ini tidak hanya mewisuda para santri, tetapi juga memberikan penghargaan dan hadiah kepada para santri yang berprestasi. Penghargaan-penghargaan diberikan kepada kepada santri yang mendapatkan juara 1 ceramah agama putri, juara 1 MTQ, nilainya tertinggi.

Penghargaan ini merupakan apresiasi pondok pesantren Darul Hikmah terhadap para santrinya yang sudah berjuang secara serius meraih prestasi. Ini bukti bahwa Darul Hikmah sangat memperhatikan proses dan hasil para santri, agar mereka selalu bisa meraih prestasi-prestasi lainnya.
Kemudian para wali santri memberikan kenang-kenangan kepada para ustadz sebagai ucapan terimakasih, karena sudah mendidik anak-anaknya menjadi anak yang mandiri dan pengertian.

Di penghujung acara, tibalah saatnya pengasuh pondok pesantren Darul Hikmah Dr. KH. Fadhil Munawar Mansur menyampaikan mauidzah hasanah kepada hadirin. Beliau mengingatkan agar selalu bertakwa, menghormati orang tua, dan jangan lupa kepada para guru sekalipun sudah lulus lama.

Post a comment

0 Comments